Arsip

Archive for the ‘Film’ Category

Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Januari 11, 2011 2 komentar

Kali ini, saya mau review film lagi. Dan filmnya itu adalah film INDONESIA! Bukan bermaksud untuk mengenyek buatan Negeri Tercinta ini, tapi akhir-akhir ini memang kalo saya liat-liat film Indonesia yang keluar di bioskop, kalo ndak film Hantu Semi-Begituan, ya komedi, begituan juga ujung-ujungnya hahaha… Tapi ya ndak semua film Indonesia begitu kok. Masi banyak film berkualitas dari Indonesia, contohnya saja GIE, Garuda di Dadaku, dan masi banyak lagi… Jadi no offense ya gan. Karena itu, tetap cintai produk dalam negeri! Sudah. (Prasaan kok malah geje…).

Okeh okeh, saya akan mulai review nya. Lah jadi ceritanya begini, waktu lagi cari-cari film bagus, ada temen kasi saran, ” Alangkah Lucunya Negeri Ini aeh.. uapik koen..“. Terus dia cerita panjang lebar film-nya. Tapi percuma saya ndak paham hahaha… Tapi ada suatu rasa penasaran dari waktu pertama liat judulnya. Alangkah Lucunya Negeri Ini. Kayaknya menarik ini, langsung saja saya tanpa pikir panjang donlot filmnya. Memang butuh perjuangan keras dalam mendonlot film ini . Maklumlah koneksi dewa… Dewa kura-kura.. Jadi ya lemot gitu jalannya hahaha.. (Sebelumnya sori kalo saya ndak bisa beli kaset aslinya, tapi malah donlot.. maklumlah mahasiswa.. Yang pernah jadi mahasiswa pasti tau kondisi finansial rata-rata para mahasiswa di negeri kita yang tercinta ini hahaha….).


Oke oke, balik ke film e. Bercerita tentang Muluk (Reza Rahardian) yang telah 2 tahun lulus sebagai Sarjana Management tapi belum juga dapet pekerjaan. Sampai akhirnya Muluk bertemu dengan Komet, seorang anak yang berprofesi sebagai pencopet, ya bisa dikatakan profesional karena dalam operasinya dia ga sendirian tapi bersama beberapa temannya. Akhirnya, Muluk pun tertarik untuk memberikan pendidikan bagi para pencopet cilik yang berjumlah kira-kira hampir 20 orang itu dengan caranya sendiri.

Setelah merasa pekerjaannya sebagai Pengembang Sumber Daya Manusia, yaitu copet dirasa membutuhkan bantuan, akhirnya Muluk meminta Samsul (Asrul Dahlan) dan Pipit (Ratu Bravani) sebagai partner kerjanya. Samsul yang notabene-nya seorang Sarjana Pendidikan menduduki jabatan sebagai guru membaca yang Pancasilais dan Pipit, sang anak Pak Haji sebagai guru ngaji para pencopet tersebut.

Ga mudah untuk ngajarin copet, itu pula yang dirasakan Muluk, Samsul dan Pipit, tapi mereka tidak pantang menyerah untuk membuat para pencopet cilik itu menjadi lebih brpendidikan. Walau mereka bertiga mengira ini profesi yang baik, tapi tidak menurut kedua orang tua Muluk dan Pipit yang akhirnya menyadari pekerjaan anak mereka yang menghasilkan uang dari hasil yang tidak halal.

Apakah mereka bertiga berhasil membuat para pencopet itu pintar, berjiwa patriotisme, hafal Pancasila dan juga bisa sholat dan mengaji ? Atau apakah mereka akhirnya tetap mencopet?

Film ini memberi gambaran pada kita tentang apa yang sebenarnya terjadi di negeri ini.  Yah, paling tidak dari sudut pandang pencopet. Juga kehidupan bermasyarakat, beragama, dan bernegara.Tema kemiskinan dan korupsi yang diangkat memang benar-benar pas untuk menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi di negeri ini *wooooosh…* Dari film ini saya juga banyak menangkap sindiran sindiran halus yang diberikan pada pemerintah, masyarakat, bahkan pemuka-pemuka agama sekalipun. Tapi itu semua ya cuma pendapat saya kok… Tapi overall, film yang patut diacungi jempol. Karena dalam pengemasannya yang bernuansa komedi, film ini ternyata menyimpan makna yang sangat dalam (yang kalo menurut saya) yaitu esensi dari seorang manusia. Seberapa pun buruknya kita di mata orang lain, contohnya pencopet sekalipun, asalkan ada kemauan untuk berubah, maka perlahan-lahan kita pun akan bisa merubahnya. Karena nasib kita ada di tangan kita sendiri, maka kita harus berusaha merubahnya. Amin..

Kategori:Film

Toki wo Kakeru Shoujo. The Girl Who Leapt Trough The Time

Kali ini saya akan mengapdet blog ini tidak dengan musik, tidak dengan komputer stuff, ataupun kegejean saya hahaha… Kali ini saya mau Review Film! Dan film yang beruntung itu adalah Toki wo kakeru shoujo. Yak, ini adalah film jepang, lebih tepatnya anime. Dan sesuai judulnya, kayaknya film ini film cewek. Tapi ndak masalah. Meskipun kalo agan-agan sekalian nanti lihat skrinsutnya kayak film cewek banget, tapi percaya saya, bahkan preman sekalipun kalo liat film ini, ndak bakalan kehilangan kepremanannya. Bahkan bisa lebih garang karena film ini mengandung banyak nilai-nilai kehidupan yang sering luput karena kita menganggapnya sepele, tapi berdampak sangat besar bagi kehidupan kita…. *Cetaaarr…*.

Jadi cerita berpusat pada sang tokoh utama yaitu seorang siswi SMA yang bernama Makoto Konno. Makoto sebenernya cuma seorang siswi SMA biasa, dari keluarga yang biasa-biasa saja, dan kehidupan yang juga biasa saja. Punya 2 teman dekat yang bernama Chiaki dan Kousuke, yang dimana membantu Makoto mengisi hari-harinya yang biasa saja dengan bermain baseball.  Cerita diawali dengan pembukaan yang ringan, santai dan enak untuk diikuti, but slowly progresses into more depth as it goes on. Yah gitulah kalo bahasa inggrisnya. Sulit memang merangkai kata-kata untuk mewakili perasaan kita. *Ceeetaaaaaaaarrr* hahahaha…

Sampai ada suatu kejadian, yaitu Makoto ketabrak kereta dan (seharusnya) mati. Tapi dia malah berputar kembali ke waktu sesaat sebelum kejadian itu terjadi. Pasti bingung kan kalo tiba-tiba bisa kayak gitu.. Nah, dalam kebingungannya itu Makoto tambah ‘memanfaatkan’ kelebihannya untuk hal-hal yang sebenernya ndak patek berguna. Makoto time leaping buat hal-hal remeh seperti mbalik waktu ulangan matematika, buat maen baseball, karaokean sampe puas dan hal-hal ndak guna lainnya. Bibi nya pernah berpesan juga kalo seandainya kita bersenang-senang atas sesuatu, maka orang lain akan suffering karena ‘perbuatan’ kita. Hal itu ternyata sungguhan terjadi. Makoto yang menggunakan kelebihannya itu untuk merubah segala sesuatunya agar sesuai yang dinginkan, tetapi konsekuensi nya malah berbalik sehingga tidak hanya melukai orang-orang disekitarnya, juga dirinya sendiri. Diakhir cerita, Makoto akhirnya tahu kenapa dia bisa time leaping, lalu rahasia Chiaki, dan lain-lain yang pokoknya seru..

Film ini pertama nya enteng tapi ternyata membawa makna yang luar biasa di dalamnya. Dapat membuat kita tidak hanya mengerti betapa berharganya waktu tetapi dalam artian yang lebih luas lagi, yaitu di dalam setiap tindakan yang kita lakukan, akan terdapat konsekuensi-konsekuensi yang harus kita jalani.

Yah, dari sinilah kenapa saya merekomendasikan film Toki wo Kakeru Shoujo ini sebagai film yang bagus wajib untuk ditonton. Bagi yang pengen liat, bisa donlot ato minta ke saya (kalo kebetulan kenal hahaha…). Kalo mau donlot di Indowebster ada kok.

Penilaian saya ya..

Cerita : 10

Alur : 9

Musik : 8 (Simple untuk ukuran film yang simple juga hahaha..)

Kualitas Gambar :9 (Buatan Kadokawa Shoten, TwKs memang T.O.P)

Overall : 9 (makanya nonton!!)

Kategori:Film